Bangkitnya Gerakan Pramuka di Pesantren Darul Ulum Peterongan

917351_pramuka jawa timur.JPG

Manfaat yang diperoleh melalui kegiatan pramuka adalah untuk mengasah diri menjadi orang yang bertanggung jawab, peduli, serta menghormati sesama manusia dan alam. Pramuka juga mengajarkan mencintai sesama manusia dan alam.
Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf yang akrab disapa Gus Ipul saat meresmikan Gugus Depan (Gudep) Pramuka 15121-15122 Universitas Pesantren Darul Ulum (Unipdu) Jombang, Minggu (21/10) sore dengan ditandai pengguntingan pita dan pelepasan balon.
Selain itu, pramuka juga menjadi wadah positip untuk membentuk karakter generasi muda, serta untuk mengisi waktu kosong  antara kegiatan di rumah dan di sekolah. Waktu kosong harus diisi dengan kegiatan yang positif, agar generasi muda tidak terjerumus pada kegiatan negatif seperti penyalahgunaan narkoba dan lainnya. ``Mari kita hidupkan pramuka, agar saudara kita ikut, sehingga dapat mengisi waktu kosong dengan kegiatan yang positif dan tidak terjebak dalam kegiatan negatif,`` pintanya.
Dikatakannya, peranan pramuka  saat ini semakin penting bagi kehidupan kita karena mengajarkan gotong royong, disiplin, saling menolong, menghargai, serta berbuat yang baik sesama dan lingkungan. 
Gus Ipul, menyampaikan rasa bangga atas diresmikannya Gugus Depan Pramuka di Unipdu dan merupakan langkah tepat untuk menghidupkan pramuka yang telah menjadi milik semua masyarakat Indonesia yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. ``Pramuka bukan hanya milik masyarakat kota atau desa, tetapi milik semua masyarakat Indonesia,`` ujarnya.
Pada kesempatan itu, Ketua Panitia Peresmian Gugus Depan (Gudep) Jombang  menambahkan, gerakan pramuka merupakan wadah generasi muda yang positif, kreatif, dan bermanfaat sehingga dapat hidup mandiri dan siap terjun ke masyarakat.
Selain peresmian, Gudep Unipdu Jombang menggelar Raimuna Cabang Jombang VIII yang ditujukan bagi Pramuka Penegak dan Pandega dari Kabupaten Jombang. Kegiatan tersebut diikuti  sekitar 1.000 peserta yang berlangsung empat hari mulai 21-24 Oktober 2012.
Ia menyampaikan rasa bangga atas diresmikannya gugus depan pramuka di Unipdu. Ini merupakan langkah yang tepat jika menghidupkan pramuka di Unipdu. Selain pramuka milik semua masyarakat Indonesia, juga memiliki banyak manfaat yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. ``Pramuka bukan hanya milik masyarakat kota atau desa, tetapi milik semua masyarakat Indonesia,`` ujarnya.
Kegiatan untuk menyukseskan Raimuna meliputi pentas seni, karnaval, malam gembira; petualangan pramuka; bhakti masyarakat seperti pramuka peduli panti, renovasi tempat ibadah / musholla, bhakti lingkungan perkemahan; teknik kewirausahaan meliputi pembuatan kompos (composting), sablon, teknik pembuatan blog yang mendukung bisnis online; dan anjungan / pameran yang diikuti satuan-satuan karya pramuka yang ada di Kwarcab Jombang. Dalam persemian ini juga diikuti pembukaan secara resmi kursus pembina pramuka tingkat dasar KMD yang diikuti 1.000 guru. (Humas Setdaprov. Jatim/Gd/Prigel).

[sumber berita: http://birohumas.jatimprov.go.id]

Comments

Post a Comment